Loading...
world-news

BERITA KAMPUS

Jurusan kuliah yang banyak mahasiswa kena drop out

Hallo teman-teman semuanya,

Drop Out (DO) adalah kebijakan universitas untuk melepas status kemahasiswaan berdasarkan pertimbangan pencapaian akademis (batas studi). b. Batas Studi adalah akhir jangka waktu yang harus ditaati oleh mahasiswa untuk menyelesaikan program studinya. Tapi ada nih jurusan yang kebanyakan membuat mahasiswa menjadi kena drop out, kira-kira jurusan apa ya.

a.       Ekonomi

Selama tahun 2021, jumlah mahasiswa jurusan Ekonomi yang diberhentikan dari universitasnya mencapai 141.393 orang. Padahal, saat ini terdapat banyak kesempatan kerja yang membutuhkan lulusan dari jurusan Ekonomi tersebut.

b.       Teknik

Jurusan Teknik termasuk salah satu program studi yang dianggap menantang oleh beberapa orang. Pada tahun 2021, terdapat 136.272 mahasiswa yang diberhentikan dari jurusan tersebut.

c.        Pendidikan

Ternyata, cukup banyak mahasiswa yang diberhentikan dari jurusan Pendidikan. Pada tahun 2021, tercatat ada 120.655 mahasiswa yang mengalami DO.

d.       Sosial

Meskipun jurusan Sosial biasanya hanya diminati oleh sejumlah kecil orang, namun terdapat banyak mahasiswa yang tidak melanjutkan kuliahnya (DO) dari jurusan ini. Pada tahun 2021, tercatat ada 115.533 mahasiswa jurusan Sosial yang mengalami DO dari kampusnya.

e.       Pertanian

Tidak berbeda dengan jurusan Teknik, jurusan Pertanian juga termasuk dalam program studi yang sering dianggap sulit. Banyak orang yang berpendapat bahwa kuliah di jurusan ini membutuhkan semangat dan tenaga ekstra.

f.         Kesehatan

Lulusan jurusan kesehatan akan sangat dibutuhkan dalam 10 tahun mendatang. Memang, kuliah di jurusan ini mengharuskan melewati proses yang cukup panjang. Terdata bahwa terdapat 25.302 mahasiswa di bidang kesehatan yang mengalami Drop Out (DO) atau tidak melanjutkan kuliah dari universitasnya.

g.       Keagamaan

Jurusan Agama menjadi jurusan terakhir dengan jumlah mahasiswa DO terbanyak. Dari data tahun 2021, tercatat sebanyak 14.039 mahasiswa jurusan Agama yang tidak melanjutkan kuliahnya. Itulah informasi tentang jurusan kuliah dengan jumlah mahasiswa DO terbanyak.

Baca Juga