Loading...
world-news

MOTIVASI

Jurusan ini Cocok Untuk Kamu yang Ingin Jadi HRD

"Capailah cita-cita setinggi mungkin", itu kalimat yang sering terucap dari orang lain untuk kita. Nah kebetulan cita-cita kalian adalah ingin menjadi seorang HRD (Human Resource Development) jurusan kuliah apa aja ya kira-kirang yang cocok untuk menjadi seorang HR.

a.      Administrasi Bisnis

Jurusan Administrasi Bisnis adalah program multidisiplin yang komprehensif yang menggabungkan  mata pelajaran  dari pemasaran, akuntansi hingga sumber daya manusia dan ekonomi. Departemen ini juga merupakan perpaduan antara matematika, hukum bisnis, keuangan dan etika.

b.      Administrasi Publik

Administrasi publik mempelajari semua proses yang dilakukan oleh organisasi dan individu yang berkaitan dengan penerapan atau pelaksanaan undang-undang/perintah yang dikeluarkan oleh  legislatif, eksekutif, dan yudikatif, terutama pelaksanaan proses politik.

c.       Ekonomi

Secara umum, ilmu ekonomi mempelajari bagaimana masyarakat memperoleh, mengelola, dan mengalokasikan sumber daya yang terbatas. Kata ekonomi berasal dari kata  Yunani "oikonomia" yang berarti mengatur tugas rumah tangga dan tugas

administrasi.

d.      Statistik

Statistik lebih menekankan pada perhitungan data yang dikelola dan disajikan dengan cara yang lebih sederhana dan mudah dipahami. Secara umum, dalam bidang statistika diperoleh fakta dan informasi yang kompleks yang harus dipertimbangkan sebelum mengambil keputusan.

e.      Ilmu politik

Jika kamu kuliah di jurusan ilmu politik, kamu secara teratur akan mendiskusikan teori dan praktik politik, sistem politik, dan perilaku politik. Ilmu politik juga berurusan dengan isu-isu seperti demokrasi, ideologi politik, partisipasi politik, pemilu, komunikasi politik dan opini publik, budaya dan sosialisasi politik.

f.       Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu komunikasi adalah penelitian yang mengkaji tentang penyampaian pesan secara efektif dari medium (komunikasi) ke medium (penerima pesan) melalui berbagai media. Dengan jurusan ini. Kamu akan mempelajari komunikasi di berbagai tingkatan, mulai dari individu, media, periklanan/promosi, komunikasi antar budaya dan sebagainya.

g.      Ilmu hukum

Ilmu Hukum merupakan jurusan kuliah yang menitikberatkan pada praktek hukum. Studi hukum mencakup berbagai bidang, dari hak asasi manusia, hukum properti hingga hukum komersial. Hukum mengatur tatanan kehidupan masyarakat, memberikan aturan yang jelas tentang apa yang diperbolehkan dan apa yang tidak.

h.      Sastra Indonesia

Sastra Indonesia adalah bidang studi yang mempelajari puisi, prosa, cerita, novel, manuskrip, dan karya sastra lainnya yang berbahasa Indonesia. Berbagai kajian dilakukan untuk mengetahui latar belakang  ide dan karya seniman tersebut.

i.        Marketing

Jurusan Marketing atau pemasaran adalah program pelatihan dimana kamu akan mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan penjualan produk. Di jurusan ini, kamu akan belajar membuat strategi pemasaran, memahami dan juga menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjualan, perilaku konsumen, penetapan harga dan komunikasi dengan konsumen.

j.        Teknik Informatika

Jurusan Teknik Informatika mempelajari dan menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematis untuk desain, pengujian, pengembangan, dan evaluasi sistem operasi, perangkat lunak, dan kinerja komputer.

k.      Manajemen

Manajemen adalah studi tentang bagaimana mengatur, mengarahkan, merencanakan, dan mendistribusikan tugas untuk mencapai tujuan bisnis. Ilmu manajemen dengan demikian mempelajari tentang  cara atau metode yang digunakan untuk mengarahkan organisasi atau bisnis dengan lebih baik.

l.        Akuntansi

Pelajaran utama akuntansi adalah belajar mengelola uang. Ini mempersiapkan siswa untuk menjadi akuntan dengan mengajari mereka prinsip-prinsip akuntansi seperti audit, pelaporan, penganggaran dan peraturan pajak.

m.    Psikologi

Jurusan psikologi adalah program studi yang mempelajari pikiran dan juga perilaku manusia. Melalui pengertian tersebut dapat diketahui bahwa psikologi adalah ilmu yang mempelajari aliran pikiran manusia.

n.      Keuangan

Jurusan Keuangan akan mempelajari perbankan baik di bank tradisional maupun syariah, seperti tugas garis depan (kalkulator dan layanan pelanggan) dan tugas administrasi seperti administrasi, akuntansi, dan audit.

Baca Juga