Loading...
world-news

BERITA KAMPUS

JURUSAN TERANEH DI DUNIA

Hallo teman-teman Masuk PTN, Berbagai macam jurusan yang ada di setiap Kampus Negeri dan Luar Negeri maupun Kampus Swasta. Tapi ternyata ada loh jurusan aneh, kalian tau tidak jurusan apa aja itu ya. Yuk kita simak Jurusan apa aja ya kira-kira yang teraneh

a.      Vitikultur dan Oenologi

Plumpton College di Inggris memiliki jurusan pemeliharaan anggur dan pemeliharaan anggur. Kursus ini mengajarkan siswa ilmu menanam anggur dan membuat anggur. Dengan jurusan ini, siswa dipersiapkan untuk berkarir di bidang pembuatan anggur. Beberapa lulusan disiplin ini bisa menjadi  kebun anggur atau penanam anggur.

b.      Horologi

Harologi adalah seni dan ilmu untuk mengukur dan memberitahukan waktu. Salah satu kampus yang menawarkan jurusan ini adalah Birmingham City University, Inggris. Di jurusan ini  jam dinding dipelajari dalam bidang mekanika dan elektronika. Proses pembelajaran diselesaikan dengan menggunakan perangkat lunak CAD Solidworks standar industri.

c.       Transportasi Udara dengan Pelatihan Pilot Helikopter

New University Buckinghamshire memiliki jurusan penerbangan yang mencakup pelatihan pilot helikopter. Setelah menyelesaikan kursus, siswa yang memenuhi syarat dapat mencari pekerjaan sebagai pilot helikopter. Jurusan ini juga mengajarkan penerbangan, seperti sisi keuangan dan manajemen  penerbangan.

d.      Peretasan

Peretasan adalah hal biasa akhir-akhir ini. Universitas Negeri Dakota di AS memiliki departemen peretasan. Jurusan ini dirancang untuk para profesional teknologi informasi dengan  gelar sarjana dalam ilmu komputer. Program peretasan ini memberi teknisi keterampilan keamanan tingkat lanjut. Mahasiswa akan belajar tentang keamanan dunia maya, pengujian kerentanan, dan manajemen insiden peretasan.

e.      Pemetaan digital

Pemetaan digital merupakan perpaduan teknologi tradisional dan modern. Pemetaan digital ini menggabungkan geografi, komputasi, dan teknik. Salah satu universitas yang menawarkan jurusan ini adalah University of Kentucky, USA. Siswa diajari pengkodean, perangkat lunak sumber terbuka, analisis spasial, visualisasi data, dan kartografi tradisional.

f.       Tinjauan masa depan

Menjadi futuris profesional adalah pekerjaan nyata. Foresight adalah gelar yang dapat diperoleh untuk memajukan karir di lapangan. Seorang futuris bukanlah penjelajah waktu atau paranormal. Mereka tidak memprediksi masa depan. Seorang futuris mempelajari tren dan perubahan secara sistematis dan ilmiah untuk membuat rencana tentang apa yang mungkin terjadi di masa depan. Salah satu kampus yang menawarkan jurusan Foresight adalah University of Houston, USA.

g.      Ekogastronomi

Ekogastronomi adalah ilmu tentang bagaimana makanan dan lingkungan  bersinggungan dan saling mempengaruhi. Pertanian berkelanjutan, kesehatan dan gizi merupakan mata kuliah yang dapat dipelajari di jurusan ini. University of New Hampshire, AS, menawarkan spesialisasi dalam gastronomi ramah lingkungan. Jurusan ini mempersiapkan mereka untuk pekerjaan  khusus di industri makanan.