Loading...
world-news

SEPUTAR KULIAH

Jurusan Kuliah IPA yang Jarang Diminati

Terdapat banyak sekali jurusan kuliah yang berkaitan dengan IPA. Namun, jurusan-jurusan tersebut ada yang paling diminati dan ada yang paling tidak diminati atau istilahnya jarang diminati oleh mahasiswa. Berikut beberapa jurusan kuliah yang berkaitan dengan bidang IPA tetapi jarang diminati:

1. Astronomi

Jurusan Astronomi mempelajari tentang berbagai benda langit. Jurusan ini hanya ada di ITB saja. Prospek kerja jurusan ini cukup luas walaupun peminatnya sedikit.

 

2. Budidaya Perairan

Jurusan ini mempelajari ilmu-ilmu dan teknologi budidaya perairan serta pengelolaan kegiatan budidaya. Jurusan ini tersedia di UB, UNAIR, UNHAS, UNDIP.

 

3. Ilmu Kehutanan

Ilmu Kehutanan juga masuk jurusan kuliah IPA yang jarang diminati. Jurusan Ilmu Kehutanan ini tersedia di sejumlah kampus ternama seperti UGM, USU, UNS, IPB.

 

4. Oseanografi

Lulusan Oseanografi ini memiliki prospek kerja. di bidang riset atau penelitian, pariwisata dan olahraga bahari, dsb.

 

5. Teknik Biomedis

Jurusan ini merupakan gabungan antara ilmu kedokteran (medis) dan teknik. Universitas yang menyediakan jurusan ini, antara lain: UI, UGM ITB, ITERA, UNAIR.

 

6. Teknik Nuklir

Jurusan Teknik Nuklir ini menjadi salah satu jurusan kuliah IPA yang juga jarang diminati. Jurusan ini tersedia di UGM dan STTN.

 

7. Teknik Perpipaan

Jurusan ini mempelajari bidang rekayasa perpipaan serta aplikasinya di bidang maritim dan industri. Jurusan ini tersedia di Politeknik Perkapalan di Surabaya.

 

8. Teknik Perkapalan

Jurusan ini pastinya berfokus pada segala hal perkapalan, seperti perancangan hingga sistem navigasi kapal. Jurusan ini tersedia di UI, Undip, ITS, Unhas.

 

9. Penyuluhan & Komunikasi Pertanian

Jurusan ini mempelajari cara menyampaikan ilmu pengetahuan dan juga pemahaman di bidang pertanian. Jurusan ini tersedia di UGM, USU, UNEJ, IPB.

 

10. Teknik Planologi

Jurusan Teknik Planologi ini juga dikenal dengan jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK). Universitas yang menyediakan jurusan ini seperti UGM, UB, ITS, UNHAS.

Baca Juga