Loading...
world-news

BERITA KAMPUS

Jenis-Jenis Jurusan Kuliah Bidang Pendidikan

Bidang pendidikan menjadi bidang yang paling banyak diminati oleh mahasiswa seluruh Indonesia. Bahkan menurut statistik PDDIKTI KEMENDIKBUDRISTEK, bidang pendidikan menjadi bidang yang paling banyak mahasiswanya dan paling banyak memiliki prodi. Adapun beberapa jurusan-jurusan kuliah yang berkaitan dengan pendidikan yang bisa menjadi rekomendasi bagi Kamu yang ingin terjun ke dunia pendidikan:

1. Pendidikan Keguruan

Contohnya: Jurusan Pendidikan Guru Disiplin ilmu untuk SMP/SMA, PGSD, PGPAUD.

 

2. Bimbingan dan Konseling

Di jurusan ini, Kamu akan mempelajari tentang teori dan praktik bimbingan dan konseling dalam bidang pendidikan.

 

3. Teknologi Pendidikan

Jurusan Teknologi Pendidikan ini mempelajari tentang perancangan, pengembangan, pengelolaan, dan evaluasi  komponen sistem pendidikan. Teknologi Pendidikan ini juga berhubungan dengan IT.

 

4. Administrasi Pendidikan

Sama seperti bidang administrasi lainnya, jurusan Administrasi Pendidikan juga mempelajari tentang filsafat administrasi pendidikan, perencanaan pendidikan, manajemen pendidikan, dsb.

 

5. Psikologi Pendidikan

Sama seperti ilmu psikologi, jurusan Psikologi Pendidikan ini mempelajari bagaimana manusia belajar dalam situasi pendidikan.

 

6. Ilmu Perpustakaan

Jurusan Ilmu Perpustakaan ini mempelajari tentang hal-hal yang berkaitan dengan buku atau pustaka.

 

7. Manajemen Pendidikan

Di jurusan Manajemen Pendidikan, Kamu akan mempelajari berbagai ilmu tentang perencanaan, pengelolaan, pengawasan bidang pendidikan.

Baca Juga