Loading...
world-news

BERITA KAMPUS

4 JALUR SELEKSI UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA (UPI)

Kalian masuk di kampus UPI, kalian wajib tau nih mengenai jalur apa aja yang ada di UPI. Jangan sampai kalian salah atau tidak tau saat hendak masuk di UPI. yuk simak jalur apa aja ya yang ada

a)      Jalur SNBP

Sebelumnya seleksi ini bernama SNMPTN, pada tahun 2023 berganti nama menjadi Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP). Siswa yang mengikuti SNBP 2023, akan mengikuti seleksi tanpa tes dan seleksinya berdasarkan prestasi akademik, non akademik, rapor, dan ketentuan lain sesuai aturan SNBP.

b)      Jalur SNBT

Sebelumnya seleksi ini bernama SBMPTN, pada tahun 2023 berganti nama menjadi Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT). Siswa akan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang materinya juga berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada tahun 2023 nanti, UTBK SNBT hanya menggunakan Tes Potensi Skolastik (TPS).

c)      Jalur Mandiri

Jalur Mandiri UPI adalah seleksi yang dilakukan oleh UPI secara mandiri yang ditetapkan berdasarkan hasil kombinasi hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), Tes Psikologis Bidang Minat, dan Tes Terpadu yang dilakukan oleh Universitas Pendidikan Indonesia.

d)      Jalur Prestasi Istimewa

Penerimaan mahasiswa baru UPI melalui jalur Prestasi Istimewa (PI) bertujuan memberikan penghargaan kepada siswa yang memiliki prestasi istimewa yang ditunjukan melalui karya seni atau teknologi monumental yang mendapat pengakuan masyarakat atau berupa prestasi akademik maupun non-akademik pada kompetisi di tingkat nasional maupun internasional.

Baca Juga