Loading...
world-news

BERITA KAMPUS

5 JALUR SELEKSI MASUK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Hay teman-teman semua udah siap menuju Universitas impian kalian nih? pastinya sudahs siap dong. Tapi ngomong-ngomong siapa nih yang masuk di Univeristas Negeri Jakarta. Sebelum kalian memilih Universitas UNJ kalian wajib tau nih jalur apa aja yang tersedia di UNJ.

a)      Jalur SNBP

Sebelumnya seleksi ini bernama SNMPTN, pada tahun 2023 berganti nama menjadi Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP). Siswa yang mengikuti SNBP 2023, akan mengikuti seleksi tanpa tes dan seleksinya berdasarkan prestasi akademik, non akademik, rapor, dan ketentuan lain sesuai aturan SNBP.

b)      Jalur SNBT

Sebelumnya seleksi ini bernama SBMPTN, pada tahun 2023 berganti nama menjadi Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT). Siswa akan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang materinya juga berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada tahun 2023 nanti, UTBK SNBT hanya menggunakan Tes Potensi Skolastik (TPS).

c)      Jalur Mandiri Ujian Tulis

Seleksi mandiri ujian tulis universitas negeri jakarta menerapkan tes yang berjenis tps, penalaran matematika, literasi bahasa indonesia, dan literasi bahasa inggris, serta ujian keterampilan bagi program studi yang mewajibkan ujian keterampilan.

d)      Jalur Ujian Mandiri Prestasi

Mandiri prestasi merupakan seleksi mandiri berdasarkan prestasi diantaranya :

-         Peserta yang mewakili indonesia diajang internasional

-         Juara 1, 2, dan 3, tingkat nasional

-         Penghafal Al-qur’an 30 juz

e)      Jalur Mandiri Pindahan

Mandiri Pindahan merupakan seleksi mandiri  berdasarkan hasil Mandiri Ujian Tulis. Nilai pada program studi yang lama akan dikonversikan ke program studi yang baru apabila terdapat kesamaan mata kuliah.

Baca Juga