Loading...
world-news

SEPUTAR KULIAH

Hal yang Akan Dipelajari Saat Kamu Berkuliah Jurusan Keperawatan

Kuliah jurusan Keperawatan adalah langkah pertama menuju karier yang penuh makna dalam dunia perawatan kesehatan. Selain menjadi seseorang yang memberikan perawatan medis langsung kepada pasien, program keperawatan juga mencakup sejumlah pelajaran yang penting untuk membentuk perawat yang kompeten dan peduli. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai hal yang akan dipelajari saat kamu kuliah jurusan Keperawatan. Mulai dari pengetahuan medis, keterampilan perawatan pasien, hingga aspek etika dan komunikasi yang menjadi landasan penting dalam profesi ini.

a.    Konsep Dasar Keperawatan

Materi ini akan kamu dapatkan di semester pertama Jurusan S1 Keperawatan. Dalam mata kuliah ini, kamu akan menggali teori-teori dasar ilmu keperawatan, serta mendalami aspek etika, nilai-nilai, dan norma-norma yang menjadi bagian integral dalam profesi perawat.

b.    Asuhan Keperawatan

Ini adalah konten yang terkait dengan langkah-langkah atau serangkaian tindakan selama pelaksanaan praktik keperawatan yang diberikan secara langsung kepada pasien. Sesuai dengan Standar Praktik Klinis Keperawatan, terdapat lima tahapan dalam pelayanan keperawatan, yaitu pengkajian, diagnosis, perencanaan, pelaksanaan, dan pengevaluasian.

c.     Farmokologi

Farmakologi akan dipelajari mulai semester kedua. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan mendalami proses pembuatan, peracikan, dan formulasi obat, serta memahami bagaimana tubuh mengolah obat dari saat masuk hingga eliminasi. Mata kuliah ini juga mencakup pemahaman mengenai mekanisme dan dampak obat, serta pengaruhnya terhadap reaksi biokimia dan struktur organ.

d.    Komunikasi Dalam Keperawatan

Komunikasi dalam ranah keperawatan disebut dengan komunikasi terapeutik, yaitu jenis komunikasi yang dijalankan oleh perawat ketika melakukan intervensi keperawatan untuk memberikan manfaat terapeutik dalam proses penyembuhan pasien. Terdapat empat tahapan dalam komunikasi terapeutik, yaitu fase pra-interaksi, fase orientasi, fase kerja, dan fase terminasi.

e.    Manajemen Keperawatan

Mata kuliah ini memberikan mahasiswa pengetahuan mengenai pengelolaan sumber daya manusia dalam konteks pelayanan keperawatan. Materi mencakup peran manajer, baik tingkat atas, menengah, maupun bawah, dalam menjalankan asuhan keperawatan kepada pasien, keluarga, dan kelompok masyarakat.

Baca Juga