Loading...
world-news

TIPS BELAJAR

Fokus Hal Ini Saat Mulai Kuliah Nanti!

Halo Pejuang PTN, sebelum kamu mulai memasukki dunia perkuliahan, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan nih. Tidak hanya seputar persiapan sebelum kuliah, kamu juga harus mempersiapkan diri saat memulai kuliah nantinya. Nah, berikut ini hal yang harus kamu lakukan saat kamu nanti mulai kuliah!

a.      Membangun Mindset yang Berkembang

Mahasiswa dengan mindset yang mendorong perkembangan diyakini memiliki potensi dan kemampuan tak terbatas. Forbes menyatakan bahwa mindset ini bisa dibentuk melalui kerja keras, pengalaman, dan dukungan dari orang lain. Tantangan dan umpan balik juga berperan penting dalam membentuk mindset yang berkembang.

b.      Kesuksesan Kuliah dan Karier yang Seimbang

Kuliah adalah langkah awal menuju karier masa depan yang sukses. Oleh karena itu, penting untuk tetap fokus dan berusaha mencapai kesuksesan di kuliah, sesuai dengan minat dan pembelajaran di jurusanmu.

c.       Membangun Relasi

Selain berfokus pada akademik, memperluas lingkup pertemanan juga penting bagi mahasiswa. Banyaknya relasi dan pertemanan dapat memberikan dampak positif dalam pengalaman kuliah, seperti dijelaskan oleh Cassidy dan dilansir oleh Forbes. Bergabung dengan organisasi yang sesuai minat juga bisa menjadi cara yang baik untuk bertemu teman baru di luar lingkup kelas.

d.      Mengenal Dosen dengan Baik

Mengenal dosen selama kuliah meskipun bukan prioritas utama, memiliki nilai penting. Kedekatan dengan dosen bisa membuka peluang tak terduga. Felecia Smith, seorang penulis profesional dengan gelar BA Linguistik, menyarankan agar mahasiswa berusaha akrab dengan dosen. Ini bermanfaat untuk kebutuhan akademik, konsultasi, mendapatkan saran mengenai minat, serta berdiskusi seputar penelitian sebagai mahasiswa.

e.      Mendapatkan IPK yang Baik

Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) adalah hal yang penting dan tidak boleh diabaikan. Meskipun beberapa orang menganggap bahwa IPK tidak menentukan kesuksesan, tetapi saat kuliah kamu harus tetap fokus untuk meraih IPK yang baik. Dengan usaha dan perjuangan selama kuliah, kamu bisa menyelesaikan studi dengan IPK yang tinggi. IPK yang baik juga dapat menjadi motivasi untuk terus belajar dengan baik di setiap semester, sehingga tidak mengalami penurunan.

Baca Juga