Loading...
world-news

SEPUTAR KULIAH

3 HAL YANG BIKIN SISWA GAGAL IKUT SNBP 2023

Hallo pejuang PTN dimana pun kalian berada udah siap masuk di kampus impian? pastinya kalian harus siap nih apalagi untuk yang kelas 12 karena sebentar lagi kalian akan menempuh pendidikan baru di perkuliahan. Tapi yang wajib kalian lakukan sebelum menghadap ujian jalur SNBP apa aja yang harus kalian persiapkan nantinya.

a.      Salah Entri Data

Ketika sekolah entri data pastikan untuk kembali mengecek data  sekolah di Data Pokok Pendidikan (Dapodik Kemdikbud). Karena salah satu dampak terbesar dari gagalnya SNBP jika data yang dimasukkan salah. Contohnya seperti entri data tanggal dan tahun saat siswa memulai SMA. Apabila data bulan dan tahun salah, sistem SNPMB akan menilai jika siswa tersebut masuk dalam gap year.

b.      Salah Entri NISN Siswa

Sekolah juga perlu mengecek data NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) siswa. Menurut Bekti, semua data akan bermula dari NISN. Apabila data NISN salah, maka siswa akan kesulitan untuk mengikuti SNBP, bahkan seleksi masuk lainnya. Karena nantinya data tersebut akan di ambil oleh tiap PTN.

c.       Nilai Rapor Dinaikkan

Apabila sekolah sengaja mengganti bahkan menaikkan nilai rapor, hal ini diketahui oleh pihak SNMPB. pihak SNMPB juga kerap mendapatkan informasi penggantian nilai rapor dari para siswa. Jadi pastikan jika nilai yang di input di rapor asli dan tidak diedit atau dinaikan karena hal tersebut nantinya berdampak kamu gagal SNBP.

Baca Juga