Loading...
world-news

BERITA KAMPUS

STRATEGI LOLOS SNBP 2023, CATAT YA!!

Gimana untuk persiapan SNBP 2023 udah kalian siapkan matang-matang belum nih. Sebelum menghadapi SNBP lakukan startegi ini agar kalian bisa lolos dan siap untuk menghadapi SNBP 2023.

a.      Pastikan kamu termasuk siswa Eligible

Sebelum kamu menjalanka proses pendaftaran SNBP 2023, pastikan dulu jika nama kamu termasuk dalam salah satu jajaran siswa eligible. Karena pada jalur seleksi SNBP 2023 yang dapat mendaftar hanya siswa dari lulusan tahun 2023 dan termasuk siswa eligible. Jika kamu tidak termasuk siswa eligible, kamu bisa mengikuti jalur seleksi PTN lainnya misalnya Jalur SNBT dan Jalur Mandiri.

b.      Sesuaikan Nilai Rapor dengan Jurusan jurusanmu

Selanjutnya pastikan nilai rapor yang kamu miliki sesuai dengan jurusan yang ingin kamu tuju. Jadi jika nilai kamu rendah, sebisa mungkin kamu memilih jurusan lain dengan nilai yang sesuai. Jangan terlalu ambisi untuk mengambil keputusan jika kamu belum cek nilai rapormu.

c.       Memilih PTN yang berada di Provinsi yang sama

Jalur SNBP memang memiliki ketentuan yang lumayan rumit untuk dipahami. Tapi jika kamu ingin kuliah di luar kota, maka kamu juga harus melihat peraturan yang sudah di buat, bahwa peserta tidak boleh memilih PTN di luar provinsi, prioritaskan terlebih dahulu di dalam pprovinsi tempat tinggalmu.

d.      Lihat Persaingan Satu Sekolah

Pemilihan jurusan dan kampus yang sama dengan teman satu sekolah/kelas menjadi hal yang perlu jadi pertimbangan matang untuk kamu. Karena jelas persaingannya akan sangat sengit. Maka dari itu, melihat persaingan antar teman sekolah juga perlu kamu lakukan.

e.      Cari tau Mengenai Alumni

Biasanya dalam satu sekolah ada beberapa alumni yang sudah diterima di PTN, kamu bisa mencari tau track record mengenai alumni tersebut melalui guru BK. Karena jumlah alumni yang diterima di PTN akan membuatmu mendapatkan peluang untuk Lolos PTN jalur SNBP.

Baca Juga