Loading...
world-news

MOTIVASI

TIPS MENDAPATKAN IPK TINGGI SAAT KULIAH

hallo teman-teman, sapa sih yang ga ingin dapat ipk tinggi atau biasa disebut biasanya "CUMLAUDE". Pastinya semuanya ingin mendapatkan IPK yang memuaskan namun kalian masih ragu dan bimbang karena tidak yakin dengan diri sendiri untuk mendapatkan nilai IPK yang tinggi. Mari ikuti cara berikut agar kalian yakin pada diri sendiri untuk mendapatkan nilai IPK terbaik, tertinggi, dan tentunya memuaskan.

-         Memahami kriteria penilaian

Setiap perguruan tinggi pasti memiliki ketentuan berbeda-beda mulai dari penentuan bobot sks, penilaian tugas, keaktifan dan penentuan tugas akhir. Cobalah untuk mencari tahu kampus tempat kamu berkuliah, apa saja aspek penilaian yang diperhitungkan. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan nilai yang maksimal.

-         Mengerti tipe dosen

Setiap mata kuliah akan dibimbing oleh dosen berbeda. Setiap dosen memiliki karakteristik berbeda untuk menentukan aspek penilaian yang akan digunakan dalam penilaian akhir mata kuliah. Untuk itu, penting bagi kamu mengenal tipe dosen agar bisa menjadi mahasiswa yang unggul di kelas dan mendapatkan nilai bagus.

-         Rajin ikut kelas

Rajin kuliah juga menjadi salah satu faktor yang bisa membuat nilai IPK tinggi. Hal tersebut terjadi karena beberapa dosen sangat menghargai upaya kamu untuk terus hadir dalam kelas untuk mendapatkan materi, meskipun terkadang harus melalui berbagai cobaan seperti malas. Meskipun kamu sibuk mengikuti berbagai kegiatan lain, kuliah harus tetap menjadi prioritas utama.

-         Belajar Bersama teman

Untuk mendapatkan nilai yang bagus, terkadang kamu juga perlu belajar bersama teman. Melakukan diskusi mampu membuat sistem belajar bisa berjalan dengan lebih efektif dan mudah diserap. Dengan begitu otak mampu mengingat dan memahami semua materi dengan lebih baik.

-         Kerjakan tugas

Ketika diberikan tugas, usahakan untuk mengerjakannya tepat waktu dengan kualitas terbaik. Hal tersebut diperlukan karena nantinya tugas akan dimasukkan ke dalam nilai yang akan diakumulasikan. Jika kesulitan untuk memahami sebuah materi atau waktu yang diberikan terlalu terbatas, usahakan tetap mengerjakannya dengan kemampuan yang kamu miliki.

-         Aktif bertanya di kelas

Keaktifan di kelas bisa menjadi nilai tambah bagi kamu. Selain memberikan kesan yang bagus, dosen juga akan menyadari kamu memang benar-benar memperhatikan pelajaran saat di kelas. Selain itu dengan aktif menjelaskan atau bertanya, artinya kamu memiliki antusias dan tertarik dengan mata kuliah tersebut.

-         Mengikuti semua penilaian

IPK merupakan nilai akumulasi dari semua kegiatan yang dilakukan selama kuliah. Terdapat beberapa komposisi dalam perhitungan tersebut. Hal inilah yang membuat kamu wajib mengikuti berbagai penilaian yang ada di dalam kelas, seperti kuis, UTS, UAS, tugas, dan lain sebagainya. Untuk itu kamu perlu mempersiapkan diri dengan baik agar semua penilaian dapat diikuti dengan baik.

Baca Juga