Loading...
world-news

BERITA KAMPUS

CARA BELAJAR MATA KULIAH YANG SULIT

        HALLO PEJUANG PTN, dimanapun kalian berada. Gimana kalian sudah masuk univ impian mana nih?bagi yang belum ketrima di univ impian kalian tetap semangat dan jangan pantang menyerah. untuk yang sudah lolos apakah kalian ada kesusahan di matakuliah yang kamu ampu saat ini. Untuk teman-teman yang kesusahan dalam hal mengerjakan tugas, memahami materinya dsb. Kalian jangan khawatir teman-teman yuk ikuti tips dan cara belajara matakuliah yang sulit bagimu. Mari simak berikut ini:

a)      Pelajari bertahap

Ketika kamu belajar, jangan langsung ke pembahasan yang sulit. Mulailah dari materi yang sederhana sampai nanti ke yang sulit. Jangan terlalu memaksakan untuk bisa menguasai semua materi. Belajarlah secara bertahap agar kamu lebih memahami materinya.

b)      Perbanyak berdiskusi

Jika ada materi yang belum kamu pahami, ada baiknya kamu mencari teman untuk diskusi. Mendiskusikan dengan teman yang memahami materi yang tidak kamu pahami akan membuatmu sedikit demi sedikit akan memahami materi.

c)      Aktif dikelas

Usahakan kamu mempelajari dengan baik topik yang akan dibahas sebelum waktu kuliah. Catat hal-hal apa saja yang kamu tidak pahami untuk ditanyakan pada dosen saat di kelas. Jangan pernah merasa malu untuk banyak bertanya.

d)      Perbanyak Latihan soal

Mengerjakan soal merupakan salah satu cara paling efektif dalam cara belajar mata kuliah yang sulit. Jika kamu merasa kesulitan memahami teori meski sudah membacanya berulang-ulang, maka soal akan memberikan gambaran yang lebih jelas.

e)      Sesuaikan cara belajar

Kamu bisa menyesuaikan cara belajar dengan yang kamu suka. Buat lingkungan belajarmu senyaman mungkin sehingga materi yang kamu pelajari mudah untuk di ingat. Kamu juga akan lebih mudah memahami materi yang susah dimengerti sebelumnya.

Baca Juga