Loading...
world-news

BERITA KAMPUS

CIRI-CIRI KAMPUS YANG MEMPERHATIKAN PROSPEK KARIER MAHASISWANYA

Halloo teman-teman semua dimana pun kalian berada, kalian tau ga sih mengenai kampus dengan ciri-ciri yang peduli terhadap karier mahasiswa. Jika kalian belum tau mengenai Kampus dengan ciri-ciri yang peduli terhadap karier mahasiswa yuk kita simak sama-sama ciri-cirinya

-         Penempatan industri magang

Beberapa kampus menjadikan penempatan kerja/magang sebagai bagian dari kurikulum kuliah. Ini adalah kesempatan yang sangat penting bagimu untuk mendapatkan pengalaman kerja profesional sebelum lulus kuliah hingga kamu punya topik pembicaraan sewaktu wawancara kerja.

-         Koneksi dengan perusahaan

Kampus yang mementingkan prospek kerja mahasiswa biasanya menjalin hubungan yang erat dengan banyak perusahaan/pemberi kerja. Selain itu akan banyak acara karier seperti presentasi yang disampaikan oleh perusahaan, pekan karier, skema pengalaman kerja dan sebagainya.

-         Program pertukaran pelajar

Menurut hasil study European Commission yang diadakan pada tahun 2014, 64% perusahaan lebih meyukai kandidat yang memiliki pengalaman internasional. Jadi berpartisipasi dalam program pertukaran pelajar sewaktu kuliah (walaupun telah kuliah di luar negeri) akan meningkatkan prospek kerjamu.

-         Lokakarya pelatihan dan pekan rekrutmen

Seberapa sering kampus mengadakan pelatihan dan lokakarya pencarian kerja untuk membantu mahasiswa mempelajari berbagai keahlian dan latihan wawancara kerja? Bagaimana dengan pekan karier? Semua itu adalah tanda jelas bahwa kampus berkomitmen dalam membantu mahasiswa mencapai cita-cita karier mereka.

-         Tingkat diterima bekerja lulusan yang tinggi

menurut data statistik dari pemerintah Inggris, rata-rata tingkat diterima bekerja lulusan secara umum dari kampus Inggris adalah 89,1%. Selain melihat angka keseluruhan, kamu juga perlu mengecek presentase berdasarkan mata kuliah, dan mencari tahu posisi kerja seperti apa yang ditempati oleh para lulusan kampus tersebut.

-         Jaringan alumni yang bermanfaat

Beberapa jaringan alumni menawarkan sejumlah fasilitas untuk para anggotanya, misalnya diskon untuk beli laptop atau kartu kredit kampus. Akan tetapi keunggulan yang sesungguhnya adalah koneksi yang bisa kamu manfaatkan. Jaringan yang hebat memungkinkan kamu terhubung dengan para ahli di bidang karier yang kamu inginkan di seluruh dunia.

-         Pelatihan dan penandaan kewirausahaan

Kampus juga bisa memberikan layanan pendukung karier melalui pelatihan keahlian wirausaha dan memberikan dukungan untuk para calon wirausahawan, baik dalam bentuk lokakarya keahlian bisnis, dukungan start up, hibah dan dana, atau kelompok studi mahasiswa. Walaupun kamu belum punya rencana untuk memulai usaha sendiri, pelatihan keahlian wirausaha adalah suatu pertanda bahwa kampus memiliki fokus kuat dalam membantu mahasiswa mencapai cita-cita mereka.

Baca Juga