Loading...
world-news

BERITA KAMPUS

FAKTA MENARIK UNIVERSITAS ANDALAS

Hallo Pejuang PTN dimanpun kalian berada. sapa nih yang mau masuk PTN khususnya Universitas Andalas. ada hal yang menarik nih yang harus kalian ketahui mengenai Universitas Andalas khususnya calon-calon maba. Kira-kira apa aja ya hal menarik tentang Universitas Andalas yuk simak berikut ini:


1.      Bangunan Kampus Bergaya Minang Modern

Kampus UNAND memiliki arsitektur yang sangat menarik dan unik karena bercirikan bangunan khas tradisional Minangkabau dengan ciri berbentuk tanduk kerbau di bagian atasnya. Perpaduan gedung bergaya tradisional dengan sentuhan modern membuat kesan yang megah dan cantik. Tentu akan sangat memanjakan mata kamu saat datang ke kampus.

2.      Perguruan Tinggi Pertama di Sumatera

Menjelang abad ke-20, para cendekiawan di Padang mulai memiliki ide untuk mendirikan sebuah universitas yang diharapkan bisa menjadi tempat belajar bagi banyak anak muda Padang dan area lain di Sumatera. Karena Indonesia masih dijajah oleh Belanda waktu itu, maka proses yang harus dilalui cukup rumit dan berliku. Barulah pada tahun 1956 universitas ini resmi didirikan dan diresmikan oleh Drs. Mohammad Hatta yang saat itu bertindak sebagai wakil presiden.

3.      Fakultas Peternakan Pertama di Indonesia

Fakultas peternakan pertama di Indonesia ternyata ada di Universitas Andalas loh! Tepatnya didirikan di tanggal 9 Oktober 1963. Universitas Andalas mendirikan Fakultas Peternakan menjadi pelopor dan cikal bakal fakultas serupa di Indonesia.

4.      Asal Mula Nama Andalas

Kamu penasaran kenapa univesitas ini dinamai Universitas Andalas? Ternyata nama ini diusulkan oleh Bung Hatta, di mana diambil dari julukan kepada Pulau Sumatera yang terkenal sebagai Pulau Andalas. Selain itu di Sumatera juga tumbuh pohon andalas, yang merupakan tanaman yang hanya ada di Pulau Sumatera. Tak heran, Pemprov Sumatera Barat menetapkan tanaman andalas sebagai flora maskot daerahnya.

Baca Juga