Loading...
world-news

SEPUTAR KULIAH

PENYEBAB KULIAH TIDAK MENYENANGKAN, MEMANG KENAPA YA?

        Hallo PEJUANG PTN, dimanapun kalian berada. Hay cobat pejuang PTN yang harus kamu tau nih saat berada di era perkuliahan yang bisa membuatmu yang sebeutulnya berangkat kuliah harusnya penuh semangat tapi jadi tidak semangat. Kira-kira apa aja nih penyebab kuliahmju merasa tidak menyenangkan, yuk simak berikut ini :

a)      JADWAL YANG REPETITIF

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah mengenai jadwal yang dimiliki. Alasannya karena memang sering kali jadwal yang repetitif justru membuat proses kuliah jadi tidak menyenangkan. Tidak hanya itu, kadang kala rasa bosan yang ditimbulkan bisa menurunkan produktivitas dalam belajar. Jika sudah begitu, maka proses pembelajaran jadi tak bisa dilakukan dengan maksimal.

b)      TIDAK PERNAH MENGIKUTI KEGIATAN ORGANISASI

Bagi beberapa mahasiswa yang memang aktif, biasanya mereka akan menghabiskan waktu untuk berorganisasi. Hal ini dilakukan untuk menambah relasi, sekaligus pengalaman selama menjadi mahasiswa. Tapi terkadang ada beberapa mahasiswa yang justru tidak memiliki kegiatan tersebut. Dampaknya akan membuat jadwal perkuliahan jadi terasa kurang menyenangkan, sebab memang tak banyak aktivitas lain di dalamnya.

c)      KURANG MEMBAGI WAKTU UNTUK HAL LAIN

Terkadang mungkin setiap orang memiliki jadwal tersendiri untuk urusan perkuliahan. Ada yang menghabiskan waktunya untuk berorganisasi, belajar, atau memang untuk melakukan hal menyenangkan lainnya. Inilah yang menjadikan salah satu penyebab mengapa proses perkuliahanmu terasa tak menyenangkan.

d)      SISTEM PEMBELAJARAN YANG MEMBOSANKAN

Setiap perguruan tinggi biasanya memiliki cara pembelajaran yang berbeda-beda. Hal ini juga sering kali disesuaikan dengan tenaga pengajarnya tersendiri, sehingga tidak bisa disamakan begitu saja. Kadang sistem pembelajaran yang membosankan bisa membuatmu kehilangan semangat dalam belajar. Itulah mengapa perkuliahan yang menyenangkan ternyata cukup penting untuk meningkatkan motivasi dalam belajar.

e)      BEBAN KULIAH YANG BERAT

Beban perkuliahan setiap orang tentunya berbeda-beda. Ada yang menikmati proses perkuliahan, namun ada yang justru kesulitan dalam beradaptasi. Beban kuliah yang berat tersebut sebetulnya membuat prosesnya tidak berjalan menyenangkan. Hal ini jelas hanya akan membuat semangat belajar pun jadi ikut menurun.

Baca Juga