Loading...
world-news

BERITA KAMPUS

5 PTN yang biasanya membuka Seleksi Bagi Ketua OSIS

Untuk kalian pada saat sekolah menjadi OSIS dan ketika lulus kalian ingin masuk di PTN, ternyata ada loh PTN yang menerima maba yang pada saat menjadi OSIS pada waktu duduk dibangku SMA/SMK. kira-kira kampus apa aja yaa.

a)      IPB University

IPB University sudah membuka jalur ketua OSIS pada tahun 2023. Persyaratannya berupa lulusan tahun 2023 jurusan IPA dengan rataan nilai Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi selama 5 semester sekurangnya 80. Pendaftaran Jalur Ketua OSIS  IPB pada tanggal 1 Februari  - 21 Maret 2023 pukul 12.00 WIB. Pengumuman pada tanggal 3 April 2023.

b)      Universitas Airlangga

Pada pendaftaran kemarin, Universitas Airlangga memberikan kesempatan bagi mahasiswa berprestasi untuk berkuliah melalui jalur Golden Ticket. Selain itu, peserta berprestasi di bidang organisasi seperti ketua OSIS dan penghafal kitab suci yang diakui di Indonesia juga dapat mendeklarasikan prestasinya dengan mengikuti pemilihan Golden Ticket. Prasyaratnya adalah memilih Unair sebagai PTN pilihan pertama pada SNBP 2023 serta mendaftar dan mengikuti Airlangga Education Expo (AEE) yang diselenggarakan oleh PTN di Surabaya, Jawa Timur.

c)      Universitas Sebelas Maret

Pada tahun 2022, UNS membuka jalur ketua OSIS di Seleksi Mandiri Jalur Kepemimpinan Muda (SM UNS-SMJKM). Jalur ini bertujuan menjaring calon mahasiswa lulusan SMA/MA/SMK atau sederajat paling lama tiga tahun terakhir yang pernah mengemban tugas sebagai Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Pramuka minimal satu periode.

d)      Universitas Negeri Surabaya

Tahun lalu Unesa juga membuka jalur bagi para ketua OSIS bernama Jalur Prestasi Kepemimpinan. Jalur ini ditujukan bagi peserta yang pernah menjadi ketua atau sekretaris OSIS. Namun Peserta hanya bisa memilih satu prodi yang diminati. Tapi untuk tahun 2023, Universitas Negeri Surabaya belum mengumumkan mengenai jalur ketua OSIS.

e)      Universitas Hasanuddin

Unhas memberikan kesempatan kepada siswa SMA/sederajat di Sulawesi Selatan yang pernah menjadi ketua OSIS serta memiliki prestasi unggul untuk menempuh pendidikan di Unhas. Program ini memberikan peluang mendapatkan calon mahasiswa yang memiliki potensi prestasi dan potensi serta bakat kepemimpinan. Tapi informasi jalur ketua OSIS pada tahun 2023 belum diumumkan unhas.

Baca Juga