Loading...
world-news

Telkom University Surabaya


Akreditasi

A

Status

PTS

Lokasi

Surabaya

Website

https://surabaya.telkomuniversity.ac.id

Sekilas Tentang Telkom University Surabaya

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Mendikbudristek RI) nomor 931/E/O/2023, tentang penyatuan Telkom University (Tel-U) dengan Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTS), secara resmi Tel-U bergabung dengan ITTS, dan menjadi Telkom University Kampus Surabaya (TUKS). 

Kampus yang berada di Jl. Ketintang No.156, Gayungan, Surabaya, Jawa Timur, memiliki 11 program studi antara lain S1 Teknik Telekomunikasi, S1 Teknik Elektro, S1 Teknik Komputer, dari Fakultas Teknik Elektro, S1. Sistem Informasi, S1 Teknik Industri, S1 Teknik Logistik, dari Fakultas Rekayasa Industri, S1 Informatika, S1 Rekayasa Perangkat Lunak, S1 Data Sains, dan S1 Teknologi Informasi dari Fakultas Informatika. 

Mutu pendidikan yang dihadirkan di kampus Surabaya akan sama dengan kualitas pendidikan yang ada di Telkom University kampus utama (Bandung), dengan memberikan fasilitas penunjang pembelajaran yang terbaik untuk mahasiswa, sehingga mampu menjadi agen perubahan bagi bangsa Indonesia. 

Rektor Telkom University, Prof. Adiwijaya menyampaikan, bahwa hadirnya Telkom University di Surabaya merupakan salah satu bentuk komitmen Tel-U untuk menyebarkan mutu pendidikan berkualitas bagi seluruh Masyarakat Indonesia. 

“Kami berharap hadirnya Tel-U di timur pulau Jawa, bisa memberikan warna baru dalam dunia pendidikan, selamat bergabung menjadi bagian dari perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia, dan mari bersama-sama kita berkontribusi untuk bangsa dan dunia.” Ungkap Prof. Adiwijaya. 

Penggabungan 2 perguruan tinggi di bawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) ini merupakan bagian dari program YPT yaitu Telkom University Nasional Campus (TUNC), yang mana sebelumnya di awal tahun 2023 resmi Telkom University bergabung dengan Institut Teknologi Telkom Jakarta, dan menjadi Telkom University Kampus Jakarta (TUKJ). 

Direktur Utama YPT Dodi Irawan menyampaikan bahwa, selanjutnya di awal tahun 2024 akan bergabung Telkom University dengan Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP).