Loading...
world-news

BERITA KAMPUS

Universitas Tertua yang ada di Pulau Jawa

Dalam ranah pendidikan tinggi di Indonesia, Pulau Jawa memiliki sejarah panjang sebagai tempat berdirinya beberapa universitas tertua. Artikel ini akan membahas mengenai Kampus tertua di Pulau Jawa. Simak postingan berikut dengan seksama.

a.    Universitas Indonesia (berdiri tahun 1849)

Universitas Indonesia (UI) sebagai perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, setiap tahun menjadi pilihan para calon mahasiswa dari seluruh Indonesia. Berdiri sejak 1849, awalnya sebagai cikal bakal universitas oleh pemerintah kolonial Belanda, UI telah mengalami beberapa perubahan nama. Pada tahun 1950, secara resmi berganti nama menjadi Universiteit Indonesia.

b.    Universitas Airlangga (berdiri tahun 1913)

UNAIR merupakan salah satu universitas tertua di Pulau Jawa, berasal dari lembaga pendidikan Nederlands Indische Artsen School (NIAS) dan School Tot Opleiding van Indische Tandartsen (STOVIT) yang didirikan oleh kolonial Hindia Belanda pada 1913 sampai 1928. Universitas Airlangga baru diresmikan pada 10 November 1954, bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan.

c.    Institut Teknologi Bandung (berdiri tahun 1920)

Institut Teknologi Bandung (ITB) berawal sebagai de Techniche Hoogeschool te Bandung (TH) yang didirikan oleh pemerintah kolonial Belanda pada tahun 1920 untuk memenuhi kebutuhan tenaga teknik pasca Perang Dunia. Setelah beberapa pergantian nama, ITB resmi berdiri pada 2 Maret 1959 pasca kemerdekaan Indonesia.

d.    IPB University (berdiri tahun 1940)

Cikal bakal IPB dimulai pada 1940 dengan pendirian pendidikan tinggi pertanian pertama di Indonesia, Landbouw Hogeschool. Pada 1 September 1963, berdasarkan SK Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan No. 91 tahun 1963, resmi berdiri sebagai Institut Pertanian Bogor dengan 5 fakultas.

e.    Universitas Islam Indonesia (berdiri tahun 1945)

UII didirikan pada 27 Rajab 1364 H atau 8 Juli 1945 sebagai Sekolah Tinggi Islam (STI) di Jakarta, mewujudkan cita-cita tokoh nasional akan pentingnya pendidikan tinggi bagi masyarakat pribumi. Pada 14 Desember 1947, STI bertransformasi menjadi Universitas Islam Indonesia (UII) yang berkedudukan di Yogyakarta, dengan fakultas perintis seperti Fakultas Agama, Hukum, Pendidikan, dan Ekonomi.

f.      Universitas Gadjah Mada (berdiri tahun 1949)

Universitas Gadjah Mada berdiri pada 19 Desember 1949, merupakan hasil penggabungan beberapa sekolah tinggi yang telah disahkan dengan Peraturan Pemerintah No. 23 Tahun 1949. Sebagai salah satu universitas tertua di Pulau Jawa, UGM sangat populer dengan jumlah pendaftar yang tinggi setiap tahunnya.

 

Baca Juga