Loading...
world-news

BERITA KAMPUS

Tips Menjadi Mahasiswa Aktif Dikelas, Apa aja ya?

SIAPA KITA??? PEJUANG PTN BISA

Hallo para Pejuang PTN dan tentunya sonbat setia Masuk PTN dimana pun kalian berada. Siapa yang ingin jadi mahasiswa aktif dikelas nih atau kalian sudah aktif nih bagusss tuhh supaya kalian bisa berbaur dengan yang lain ambil positifnya buang negativnya. Untuk yang belum menjadi mahasiswa aktif kalian wajib dengarkan ini nih supaya kalian bisa menjadi mahasiswa yang aktif nih.

a.      Banyak membaca, kuasai materi, dan berpikir kritis

Setelah kuliah selesai, dosen biasanya memberikan materi kepada mahasiswa untuk dipelajari. Kamu dapat meningkatkan pemahamanmu dengan membaca lebih banyak literatur dari berbagai sumber yang berkaitan dengan materi tersebut. Pada pertemuan berikutnya, kamu bisa mengajukan pertanyaan atau memulai diskusi dengan dosen mengenai materi yang telah kamu pelajari sebelumnya.

b.      Tulis pertanyaan atau gagasan yang ingin kamu sampaikan di akhir

Bagi mereka yang memiliki sifat pemalu dan takut lupa saat grogi, cara yang bisa digunakan adalah menuliskan pertanyaan atau gagasan yang ingin disampaikan di akhir presentasi. Ini dapat membantu menjaga kelancaran berbicara dan memastikan bahwa pendapat yang ingin disampaikan terungkap dengan baik. Selain itu, berdiskusi terlebih dahulu dengan teman sebelah juga dapat membantu mempersiapkan dan memperkuat argumen sebelum mengungkapkannya di depan audiens.

c.       Percaya diri

Untuk bisa melakukannya, penting bagi kamu untuk memiliki keyakinan diri yang kuat dan tidak takut untuk salah berpendapat. Saat melakukan presentasi, kamu perlu menguasai materi dengan baik dan berani menjawab pertanyaan dari teman-teman yang mendengarkan, meskipun kamu berada dalam kelompok. Dengan memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan kemampuan untuk berbicara dengan penuh keyakinan, kamu akan mampu mengatasi rasa takut dan tampil secara percaya diri di depan orang lain. Ingatlah bahwa setiap kesalahan adalah kesempatan untuk belajar dan berkembang.

d.      Dengarkan dosen saat berbicara

Ketika dosen sedang menjelaskan materi atau temanmu sedang melakukan presentasi, penting bagi kamu untuk memberikan perhatian sepenuhnya dan tidak teralihkan oleh ponsel atau gangguan lainnya. Fokuslah pada penjelasan yang diberikan dan berusaha untuk memahami dengan baik. Selain itu, gunakan kemampuan berpikir kritismu untuk mengevaluasi informasi yang disampaikan. Hal ini dapat memunculkan pertanyaan atau pemikiran yang ingin kamu sampaikan setelah materi selesai. Dengan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran, kamu dapat meningkatkan pemahamanmu dan memberikan kontribusi yang berarti dalam diskusi atau tanya jawab.

e.      Ambil sisi positif

Apresiasi usahamu menjadi mahasiswa aktif dengan melihat sisi positifnya. Ini akan meningkatkan kepercayaan diri, keberanian dalam berbicara, mendapatkan nilai tambahan, dan mengasah kemampuan public speaking. Singkirkan pikiran negatif seperti ketakutan akan kesalahan atau pikiran negatif lainnya yang dapat menghalangi kemajuanmu.

Baca Juga