Loading...
world-news

MOTIVASI

Tips & Trick untuk Sukses Jalur Mandiri

Jalur seleksi SNBP dan SNBT 2025 sudah selesai dilaksanakan. Bagi kalian yang belum beruntung di kedua jalur tersebut bisa mencoba jalur mandiri yang diselenggarakan langsung oleh beberapa PTN. Sama halnya dengan SNBP dan SNBT, kalian yang akan mengikuti jalur mandiri juga harus mempunyai strategi agar bisa lolos dan bisa masuk PTN impian. Berikut ada beberapa tips and trick yang bisa kalian coba agar lolos jalur mandiri 2024:

1. Ikuti Beberapa Jalur Mandiri

Untuk berjaga-jaga, lebih baik kamu mendaftar jalur Mandiri di lebih dari satu PTN. Sehingga kamu punya ban cadangan apabila tidak diterima di salah satu perguruan tinggi negeri pilihanmu.

2. Persiapan Jauh Hari

Persiapkan semua hal dari jauh-jauh hari karena persiapan yang lama tentu bisa menghasilkan hasil yang optimal. Terlebih bagi siswa kelas 12 tentu harus makin rajin belajar agar bisa lolos ke PTN yang diinginkan.

3. Kenali pola soal

Sebagai salah satu persiapan, kamu bisa mencari tahu informasi mengenai soal-soal ujian Mandiri dari tahun-tahun sebelumnya. Selanjutnya kamu bisa mengenali pola-pola soal yang biasa muncul dan memperdalam materinya lagi.

4. Berlatih soal secara konsisten

Selain mencari informasi sebanyak mungkin, jangan lupa untuk terus berlatih soal secara konsisten. Sebisa mungkin kamu menguasai materi ujian mandiri yang akan diujikan dan banyak berlatih soal.

5. Ketahui kelebihan dan kekurangan diri

Saat mengikuti tips lolos ujian mandiri, kamu akan tahu kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Bagian soal mana yang menjadi kelebihan dan soal apa yang harus ditingkatkan lagi

6. Berdoa dan meminta restu orangtua

Tips terakhir saat mengikuti ujian di jalur Mandiri adalah berdoa dan meminta restu orangtua. Hal ini penting agar semua usaha yang dilakukan bisa menghasilkan buah manis dan kamu bisa diterima di PTN impian kamu.

Sumber: kompas

Baca Juga