Loading...
world-news

TIPS BELAJAR

Teknik Cornell, Buat Rangkuman UTBK Jadi Lebih Rapi.

Pelaksanaan UTBK-SNBT tinggal menghitung bulan. Apakah Kamu sudah siap untuk mengikuti UTBK-SNBT tersebut? atau justru kesulitan untuk mempelajari materi UTBK-SNBT? Jika Kamu kesulitan, ada salah satu teknik belajar nih yang bisa Kamu lakukan agar materi UTBK Kamu menjadi lebih rapi sehingga materi cepat untuk dihafal atau dipahami. Teknik tersebut bernama Teknik Cornell. Berikut langkah-langkah Teknik Cornell tersebut:


1. Bagi catatan menjadi 3 bagian (Kolom Kanan, Kiri, Bawah). Kolom pertama ada di sebelah kiri dan usahakan lebih besar daripada kolom sebelah kanan.

 

2. Kolom pertama dengan ruang paling besar tersebut adalah area utama untuk mencatat materi. Kolom ini juga bisa disebut 'Kolom Catatan'. Jangan gunakan kalimat-kalimat panjang. Coba gunakan istilah tertentu dan kamu juga bisa membuat mind map pada kolom ini.

 

3. Di kolom sebelah kanan dengan ruang yang kecil, kamu bisa menuliskan kata-kata kunci yang berkaitan dengan materi, bisa juga mencatat istilah-istilah asing yang baru diketahui. Kolom ini juga bisa disebut 'Kolom Petunjuk'.

 

4. Di kolom ketiga, yaitu bagian bawah, Kamu diharuskan untuk mengulas atau me-review topik yang telah kamu pelajari. Kolom ini biasa disebut 'Kolom Ringkasan'.

Baca Juga