Loading...
world-news

TIPS BELAJAR

SOFTSKILL YANG HARUS DIMILIKI OLEH MAHASISWA MANAJEMEN BISNIS

Berbicara mengenai softskill, kalian yang masuk di dalam jurusan Manajemen Bisnis harus mempunyai softskill nih. Kira-kira softskill apa ya harus kalian miliki:

a.      Kemampuan berkomunikasi

Mahasiswa manajemen bisnis harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Keterampilan komunikasi yang baik membantu tampil lebih percaya diri di depan umum. Komunikasi yang baik dapat dilakukan di kelas dengan melakukan presentasi.

b.      Manajemen Keuangan

Keuangan merupakan salah satu poin utama dari sebuah bisnis. Tanpa pendanaan, perusahaan tidak dapat berjalan dengan lancar dan baik. Tentu saja, detail keuangan ini  harus dipelajari secara mendalam. Selain itu, manajemen keuangan merupakan  hal yang perlu dibiasakan oleh mahasiswa bisnis sejak dini. Ini berfungsi untuk membiasakan diri dengan sistem manajemen keuangan yang lebih terorganisir di kemudian hari.

c.       Manajemen waktu

Banyak siswa yang tidak menguasai manajemen waktu. Mereka sering  menghabiskan waktu untuk hal-hal yang mungkin kurang bermanfaat. Hal ini tidak berlaku untuk semua mahasiswa jurusan administrasi bisnis. Mereka dituntut untuk memiliki manajemen waktu atau time management yang baik. Sehingga semua operasional dapat berjalan dengan lancar dan baik. Mahasiswa manajemen bisnis diharapkan memiliki manajemen waktu yang lebih baik.

d.      Berpikir kritis

Saat ini banyak  mahasiswa yang memilih diam dan tidak mau berpikir kritis. Masalah ini merupakan  masalah yang cukup serius mengingat mahasiswa memiliki tanggung jawab yang cukup besar terhadap masyarakat. Mahasiswa bisnis harus berani berbicara dan berpikir kritis untuk mengungkapkan pemikiran dan gagasannya.

e.      Mau menerima kritikan

Meskipun siswa harus berpikir kritis, bukan berarti siswa tidak mau mendengarkan kritik. Mahasiswa bisnis harus memiliki sikap yang kuat terhadap kritik. Apalagi jika kritiknya kurang konstruktif. Ini digunakan nanti ketika siswa terlibat dengan bisnis dan investor.

 

Baca Juga