Loading...
world-news

SEPUTAR KULIAH

Skill-Skill yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Baru

Sebagai peralihan dari siswa menjadi mahasiswa, ada beberapa skill loh yang harus dimiliki oleh mahasiswa baru. Skill-skill ini nantinya akan membantu mahasiswa baru dalam menyikapi sebuah kondisi di perkuliahan. Berikut skill-skill tersebut:

1. Public speaking

Skill pertama yang perlu dimiliki adalah kecakapan berbicara di depan umum atau public speaking karena saat ini masih sedikit mahasiswa yang memiliki kemampuan public speaking. Kebanyakan mereka memiliki teori dan argumen yang bagus tapi tidak tahu bagaimana cara mengutarakan di depan umum.

2. Kemampuan Menulis

Ketika menjadi mahasiswa, kamu akan sering mengerjakan tugas yang membutuhkan skill menulismu. Apalagi bagi kamu yang ingin lulus kuliah melalui jalur penulisan artikel ilmiah, tentunya harus memiliki kemampuan menulis yang bagus.

3. Leadership

Memiliki kemampuan leadership akan membuat mahasiswa mampu mengerjakan sesuatu secara mandiri dan bisa mengambil keputusan yang bisa dipertanggungjawabkan.

4. Paham IT

Pengetahuan tentang IT juga harus dimiliki mahasiswa, terutama mahasiswa baru agar mempermudah mengerjakan tugas-tugas di semester selanjutnya. Kamu tidak harus langsung mempelajari semua tentang IT, minimal tahu hal dasar atau yang umum tentang IT.

5. Mengatur Waktu

Saat kuliah, tentu mahasiswa harus bisa mengontrol penggunaan waktu atas aktivitas mereka. Skill ini akan sangat membantu untuk menyelesaikan kegiatan yang sesuai dengan target kuliah kamu.

6. Berpikir kritis dan problem solving

Skill selanjutnya yang harus dimiliki mahasiswa  adalah berpikir kritis dan problem solving. Semisal ada kebijakan tertentu yang dirasa kurang pas bagi masyarakat, maka mahasiswa bisa menjadi jembatan untuk mengkritisi hal tersebut. Semisal ada masalah terkait perkuliahan, skill problem solving juga dapat membantu mengatasi masalah dengan efektif.

Sumber: kompasiana

Baca Juga