Loading...
world-news

TIPS BELAJAR

Rekomendasi Kursus Online Gratis, Cocok untuk Kamu Yang Ingin Mengasah Skill

Dalam era digital ini, peluang untuk mengembangkan keterampilan melalui kursus online gratis semakin terbuka lebar. Artikel ini menghadirkan rekomendasi kursus online gratis yang sangat cocok bagi mereka yang ingin mengasah dan meningkatkan berbagai skill. Temukan beragam pilihan kursus yang dapat membantu pengembangan diri secara efektif, tanpa harus mengeluarkan biaya.

a.    MIT Opencourseware

MIT adalah situs penyedia kursus yang dibuat gratis oleh institusi perguruan tinggi dapat diakses menggunakan fasilitas interet. Layaknya kuliah sungguhan, dosen MIT akan memberikan materi kuliah yang bisa diunduh dengan cuma-cuma. MIT menawarkan berbagai kursus online gratis yang bisa diakses melalui situs https://ocw.mit.edu/index.htm.

b.    Coursera

Coursera, situs kursus online asal Amerika Serikat sejak 2012, menyediakan ribuan kursus online gratis dan berbayar dalam berbagai topik seperti Microsoft, WordPress, pengembangan website, dan analisis bisnis. Metodenya melibatkan pembelajaran melalui rekaman video oleh pakar, dengan kerjasama universitas terkemuka di seluruh dunia. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi https://www.coursera.org.

c.    Edx

EdX menyediakan kursus online terbaik secara gratis bekerja sama dengan universitas terkemuka di dunia. Mereka menggunakan metode pembelajaran seperti perkuliahan dengan media berupa video pendek dan soal latihan. Selain forum diskusi online, EdX juga memberikan sertifikasi kepada pelajar yang menyelesaikan kursus. Untuk lebih lengkapnya bisa langsung akses di website https://www.edx.org/.

d.    Digital Talent Scholarship Kominfo

Digital Talent Scholarship Kominfo menyediakan beragam kursus online berbahasa Indonesia yang terbuka untuk masyarakat umum, terutama di bidang IT. Program-programnya, seperti FGA, VSGA, TSA, PA, DEA, TA, GTA, dan DLA. Dapat diikuti secara online atau offline secara gratis, dengan opsi mendapatkan sertifikat setelah menyelesaikan kursus. Untuk informasi lebih jelasnya buka website https://digitalent.kominfo.go.id/.

Baca Juga