Loading...
world-news

SEPUTAR KULIAH

Serupa tapi Tak Sama. Intip Perbedaan prodi Administrasi Fiskal dan bisnis.

Walaupun kedua prodi ini sama-sama ada kata "Administrasi" tetapi nyatanya kedua prodi tersebut berbeda. Jadi, jangan salah paham dan menyamakan kedua prodi tersebut ya! Ternyata ada beberapa hal yang membuat kedua prodi tersebut berbeda. Berikut penjelasannya:

 

  1. Dari Segi Fokus Studi

- Administrasi Fiskal: Di prodi ini, kalian akan mempelajari berbagai ilmu tentang perpajakan dari segala macam perspektif, seperti dari sisi hukum, ekonomi, dan akuntansi.

- Administrasi Bisnis: Di prodi ini, kalian akan mempelajari berbagai kegiatan operasional bisnis dan perusahaan, seperti pemasaran, produksi, pengelolaan keuangan, dan pengelolaan personalia.

 

  1. Dari Segi Tugas

- Administrasi Fiskal: Di prodi ini, kalian akan sering membuat berbagai paper, menghitung secara langsung pajak yang terutang terhadap wajib pajak, dsb.

- Administrasi Bisnis: Di prodi ini, kalian akan sering membuat makalah dengan beserta presentasi, membuat laporan keuangan, hingga membuat atau merancang model bisnis.

 

  1. Dari Segi Mata Kuliah

- Administrasi Fiskal: Di prodi ini, kalian akan mendapatkan berbagai mata kuliah, seperti Pengantar Ilmu Hukum, Pengantar Pajak, Pajak Penghasilan I & II, Akuntansi Keuangan, Administrasi Keuangan Negara, Akuntansi Perpajakan, Pemeriksaan Pajak, Kebeanan dan Ekspor Impor, Hukum Bisnis, Pabean dan Cukai, Akuntansi Sektor Publik.

- Administrasi Bisnis: Berbeda dengan prodi Administrasi Fiskal, di prodi ini kalian akan mendapatkan mata kuliah seperti Azas-azas Manajemen, Matematika Bisnis, Akuntansi, Perpajakan, Psikologi Industri, Kebijakan & Strategi SDM, Manajemen Pemasaran Strategis, Hukum Bisnis, Komunikasi Keorganisasian, Perilaku Konsumen, Ketenagakerjaan dan Hubungan Industrial.

 

  1. Dari Segi Prospek Kerja

- Administrasi Fiskal: Nantinya lulusan Administrasi Fiskal dapat bekerja di instansi pemerintahan, seperti Kementrian Keuangan dan Ditjen Pajak atau perusahaan konsultan pajak seperti Deloitte atau Pricewaterhousecoopers (PwC).

- Administrasi Bisnis: Lulusan Administrasi Bisnis juga dapat bekerja di berbagai instansi dan perusahaan milik pemerintah ataupun swasta dan dapat bekerja di bidang sumber daya manusia, pemasaran, pengembangan bisnis, hingga wirausaha.

Baca Juga