Loading...
world-news

SEPUTAR KULIAH

MENGENAL JURUSAN KRIMINOLOGI

a.       Apa aitu jurusan Kriminologi?
Jurusan Kriminologi merupakan kombinasi hukum, sosiologi, psikologi, politik dan jurnalisme. Dalam kurikulum ini, kamu akan melakukan penelitian sosial untuk menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan kejahatan, pelanggaran ringan, pelanggaran ringan dan pelanggaran hukum. Di sini kamu akan belajar melihat kejahatan dari sudut pandang pelaku dan korban, terutama dari sudut pandang psikologis. Bagaimana lingkungan sekitar dan komunikasi dengan keluarga dan masyarakat mempengaruhi kejahatan.


b.      Mata kuliah Kriminologi

  1. Sosiologi Perilaku Menyimpang
  2. Sistem Peradilan Pidana
  3. Strategi Pencegahan Kejahatan
  4. Kejahatan Kerah Putih
  5. Hak Asasi Manusia
  6. Etnografi Kejahatan di Indonesia
  7. Kenakalan Anak
  8. Viktimologi
  9. Kriminologi dan Pembangunan
  10. Kejahatan Terencana
  11. Kejahatan Lingkungan.
  12. Ekonomika dan Pembangunan Sosial
  13. Hukum dan Pembangunan
  14. Manajemen Industrial Sekuriti
  15. Jurnalistik Investigasi


c.       Prospek Kerja jurusan Kriminologi
1. 
Kejaksaan Bertanggung jawab penuh pada kasus hukum yang sedang ditangani Kejaksaan merupakan tempat       dimana kasus kriminal diproses dan juga diselesaikan.
2.  Kepolisian :Bertugas melakukan penyidikan atas kasus-kasus kriminal yang beredar. Seperti diketahui, lembaga        kepolisian adalah badan utama yang menangani kasus kecil hingga besar yang ada di Indonesia.
3.  Kementerian Pertahanan Bertugas menjaga pertahanan bangsa. Profesi di bidang ini harus memiliki semangat        dan kerja keras menjaga kesatuan Republik Indonesia. Tentu pekerjaan ini erat kaitannya dengan ilmu kriminologi.
4. PTN dengan jurusan Kriminologi Di Indonesia, Jurusan Kriminnologi baru hanya ada di beberapa kampus. Perguruan Tinggi Negeri yang menyediakan jurusan kriminologi hanya ada satu, yakni di Universitas Indonesia dengan Akreditasi “Unggul”.

Baca Juga