Loading...
world-news

SEPUTAR KULIAH

Jangan Sampai Tertipu Mitos- Mitos di Dunia Perkuliahan Ini

Dunia perkuliahan juga tidak lepas dari mitos-mitos. Ada beberapa mitos yang juga dari tahun ke tahun menjadi bahan pembicaraan dan terkesan nyata, padahal faktanya tidak begitu. Berikut beberapa mitos-mitos dunia perkuliahan yang harus kamu ketahui:

1. Bolos kelas, gak ngaruh ke nilai

Faktanya: Bolos kelas ternyata juga mempengaruhi nilai. Apalagi kalau bolosmu kelewat kuota bolos (ada kuota bolos saat kuliah, jadi gak bisa sembarangan bolos). kalian bisa dapet nilai E atau T alias GAGAL dan harus NGULANG kelas kalau bolos kamu banyak.

2. Mahasiswa yang tidak ikut OSPEK, tidak bisa lulus

Faktanya: Bukannya tidak bisa lulus kuliah, tidak mengikuti OSPEK juga ada konsekuensinya, salah satunya adalah susah dapet temen baru dan telat mendapatkan informasi terkait kampus. Intinya, tidak ikut OSPEK, tidak akan membuat kamu susah lulus.

3. PTN lebih baik dari PTS

Faktanya: Sebenarnya mau di PTN atau PTS, semuanya setara dan tergantung akreditasi. Bisa saja jurusan di PTN masih baru sehingga akreditasinya masih B/C sedangkan jurusan yang sama di PTS sudah terakreditasi A.

4. Kuliah sia-sia kalau tidak ikut organisasi

Faktanya: Kamu tidak harus masuk organisasi untuk mengasah soft skill memperluas networking. Kamu bisa ikut berbagai event yang membutuhkan volunteer dari mahasiswa, bisa juga kamu ikuta  magang sambil kuliah.

5. Kuliah kalau nggak merantau, gak seru!

Faktanya: Justru kuliah di dekat rumah punya banyak keuntungan daripada merantau. Jika kamu tidak merantau, kamu tidak harus mengeluarkan uang lebih untuk makan, hiburan, dan uang sewa kost dan pastinya tidak akan homesick.

Baca Juga