Loading...
world-news

SEPUTAR KULIAH

MANFAAT JIKA KAMU MENGIKUTI OSPEK

        Hallo teman-teman Pejuang PTN dimanapun kalian berada, untuk para maba tentunya pasti tau semua dengan kata "OSPEK" Ospek adalah singkatan dari Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus. Tujuan ospek adalah mengenalkan kehidupan kampus kepada mahasiswa baru. Dengan Ospek, mahasiswa baru dapat beradaptasi dengan lingkungan pendidikan yang baru, yaitu perkuliahan. Namun ada juga beberapa manfaat dari ospek loh teman-teman apa aja yaa kira-kira manfaatnya :

a.      Dapat beradaptasi dengan lingkungan kampus

Salah satu keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat mengikuti kegiatan Ospek adalah kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan kampus yang baru. Tentu saja, mengikuti Ospek ini merupakan langkah penting untuk mendukung perjalanan belajarmu selama empat tahun ke depan.

b.      Melatih Mental

Beberapa Ospek memiliki rangkaian kegiatan yang dilakukan dengan sikap tegas oleh kakak senior. Meskipun sistem Ospek yang tegas ini tidak boleh dipandang secara negatif, sebenarnya kamu juga belajar melatih mental untuk menghadapi senior, dosen, dan kepala prodi di masa depan.

c.       mendapat pengetahuan baru

Selama Ospek, kamu akan diberikan pengetahuan baru mengenai aspek-aspek penting dalam lingkungan kampus, seperti perhitungan indeks prestasi (IPK), pemilihan dan penyusunan skor kredit semester (SKS), dan lain-lain. Hal ini akan memberikanmu pemahaman yang lebih mendalam tentang dunia kampus dan membekali kamu dengan pengetahuan yang diperlukan untuk melangkah ke depan.

d.      Menambah relasi

Dengan bertemu dan berinteraksi dengan sesama mahasiswa baru, kamu secara tidak langsung dapat memperluas jaringan hubunganmu di kampus. Hal ini akan menjadi nilai tambah ketika kamu perlu bekerja sama dalam memecahkan masalah dan mencapai kelulusan di masa studi kamu. Dengan memiliki relasi yang luas, kamu dapat bersinergi dengan mahasiswa lain untuk mencapai tujuan bersama.

e.      Mendapatkan pengalaman

Rangkaian kegiatan Ospek yang direncanakan dan dijalankan akan memberikanmu pengalaman baru yang tak terlupakan. Bahkan, momen-momen tersebut bisa menjadi salah satu kenangan terindah dalam hidupmu dan akan selalu teringat bahkan ketika kamu sudah lulus kuliah.

Baca Juga