Loading...
world-news

GENERAL

TIPE KARAKTER manusia menurut psikologi

Hallo pejuang PTN, Karakter adalah seperangkat sifat yang selalu dikagumi menjadi tanda-tanda kebaikan, kebajikan dan kematangan moral seorang. Secara etimologi, istilah karakter asal dari bahasa Latin character, yang berarti tabiat, tabiat, sifat-sifat kejiwaan, budi pekerti, kepribadian serta akhlak. Namun ada juga loh ternyata tipe-tipe dari karakter menurut para Psikolog apa aja ya.

a.      Tipe Sanguinis

Orang yang memiliki kepribadian sanguinis sering terkait dengan kecenderungan mereka dalam bersosialisasi, berpetualang, mencari kesenangan, dan menghadapi tantangan. Selain itu, tipe kepribadian ini juga ditandai oleh beberapa ciri khas seperti:

-      Mudah Bergau;

-      Aktif

-      Optimis

-      Impulsif

-      Humorois

-      Ekspresif

-      Kompetitif

b.      Tipe Melankolis

Orang dengan tipe kepribadian melankolis sering memiliki karakter yang lebih tertutup, analitis, dan cenderung berkomunikasi secara faktual. Mereka cenderung membutuhkan informasi yang lengkap, waktu untuk berpikir, dan perencanaan yang detail agar bisa beroperasi dengan efektif. Beberapa ciri khas dari tipe ini antara lain:

-      Sangat Detil

-      Sensitif

-      Cemas jika sedang berada di lingkungan yang baru

-      Cenderung introvert

-      Mudah curiga

-      teliti

c.       Tipe Plegmatis

Orang dengan tipe kepribadian ini umumnya lebih santai, tenang, dan dapat dikatakan mudah bergaul. Mereka memiliki niat yang baik dalam hal empati dan perhatian terhadap orang-orang di sekitar mereka. Namun, mereka cenderung menyembunyikan emosi sejati mereka dan mudah untuk berkompromi. Beberapa ciri khas dari tipe kepribadian ini antara lain:

-      Tenang/Kalem

-      Setia

-      Cenderung menghindari konflik

-      Senang menolong sesama

-      Sulit beradaptasi dengan kebiasaan baru

d.      Tipe Koleris

Tipe kepribadian terakhir adalah koleris, yang sering terlihat pada orang yang memiliki ambisi tinggi, kompetitif, dan berfokus pada tujuan. Orang dengan tipe ini juga dikenal sebagai individu yang tegas dalam tindakan mereka. Beberapa ciri lain yang dapat diamati dari tipe kepribadian koleris antara lain:

-      Cerdas

-      Analitis dan logis

-      Tidak terlalu suka basa-basi

-      Konsisten

-      Percaya diri

-      Mandiri

-      Kreatif

Baca Juga