Loading...
world-news

BERITA KAMPUS

Kampus-Kampus Tertua di Indonesia

Indonesia saat ini memiliki beberapa universitas yang tersebar di seluruh penjuru wilayah. Ada juga beberapa universitas-universitas yang ternyata menjadi universitas tertua di Indonesia bahkan ada yang pernah dibangun pada tahun 1800-an. Berikut 3 universitas tertua di Indonesia tersebut:

1. Institut Teknologi Bandung

ITB sebenarnya telah berdiri sejak tahun 1920. Kala itu, ITB didirikan pemerintah Belanda dengan nama Technische Hoogeschool te Bandoeng (TH te Bandoeng). Untuk nama Institut Teknologi Bandung (ITB) resmi disematkan pada kampus ini pada 2 Maret 1959 oleh pemerintah Indonesia.

2. Universitas Airlangga

Meski baru resmi berdiri pada 10 November 1954, eksistensi Universitas Airlangga dimulai sejak berdirinya Nederlandsch Indische Artsen School (NIAS) atau sekolah kedokteran untuk pribumi di Surabaya, pada 2 Januari 1849. 

3. Universitas Indonesia

Awalnya kampus ini berdiri sejak tahun 1851 oleh pemerintah kolonial Belanda (VOC). Saat itu, UI didirikan dengan tujuan untuk memenuhi tenaga asisten dokter tambahan. Nama UI baru diresmikan pada 2 Februari 1950 dan berkembang pesat hingga menjadi kampus terbaik di Indonesia saat ini.

Baca Juga