Loading...
world-news

BERITA KAMPUS

MACAM JALUR SELEKSI DI IPB UNIVERISTY5

hallo pejuang PTN 2023 dimana pun kalian berada. siapa sih yang gatau dengan Kampus IPB tentunya kalian pasti dong. Tapi kalian udah tau belum jalur apa aja sih yang ada di Kampus IPB.

a.      Jalur SNBP

Sebelumnya seleksi ini bernama SNMPTN, pada tahun 2023 berganti nama menjadi Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP). Siswa yang mengikuti SNBP 2023, akan mengikuti seleksi tanpa tes dan seleksinya berdasarkan prestasi akademik, non akademik, rapor, dan ketentuan lain sesuai aturan SNBP.

b.      Jalur SNBT

Sebelumnya seleksi ini bernama SBMPTN, pada tahun 2023 berganti nama menjadi Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT). Siswa akan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang materinya juga berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada tahun 2023 nanti, UTBK SNBT hanya menggunakan Tes Potensi Skolastik (TPS).

c.       Jalur SM-IPB (UTM-BK)

SM-IPB (UTM-BK) merupakan salah satu penerimaan mahasiswa program sarjana IPB jalur mandiri yang dilakukan dengan dua metode yaitu menggunakan ujian tulis berbasis komputer yang dilaksanakan oleh IPB dan menggunakan nilai UTBK-SNBT.

d.      Jalur PIN (Prestasi Internasional dan Nasional)

Jalur Prestasi Internasional dan Nasional (PIN) adalah jalur prestasi yang diperuntukkan siswa berprestasi dalam lomba di tingkat internasional dan nasional, antara lain dalam kegiatan : Lomba Karya Ilmiah, Olimpiade Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dan Informatika, Olahraga, Hafizh, Pramuka, dan Seni.

e.      Jalur Ketua Osis

Jalur ketua OSIS mulai dibuka oleh IPB dari tahun 2019. Skema ini adalah salah satu seleksi mandiri untuk mencari calon mahasiswa yang telah terbukti memiliki jiwa kepemimpinan sebagai ketua OSIS selama di SMA, sekaligus memiliki kemampuan akademik yang memadai untuk dididik di IPB menjadi calon pemimpin yang memiliki intelektual tinggi, atau intelektual yang memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat.

f.       Jalur Beasiswa Daerah

Beasiswa Utusan Daerah (BUD) adalah jalur penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana IPB yang direkomendasikan dan dibiayai oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, perusahaan atau lembaga swasta yang bila lulus diharapkan kembali ke daerah untuk membangun daerah.

Baca Juga