Loading...
world-news

BERITA KAMPUS

Macam jalur seleksi masuk UGM

hallo pejuang PTN dimana pun kalian berada. Dari kalian siapa sih yang ngga ingin masuk perguruan Universitas Gadjah Mada (UGM), tentunya kalian semua ingin dong masuk di kampus favorit kalian terutama di UGM kampu favorit sejuta umat. Tapi yang harus kalian tau nih apa aja jalur masuk nya di UGM nih?

-         Jalur SNBP

Sebelumnya seleksi ini bernama SNMPTN, pada tahun 2023 berganti nama menjadi Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP). Siswa yang mengikuti SNBP 2023, akan mengikuti seleksi tanpa tes dan seleksinya berdasarkan prestasi akademik, non akademik, rapor, dan ketentuan lain sesuai aturan SNBP.

-         jalur snbt

Sebelumnya seleksi ini bernama SBMPTN, pada tahun 2023 berganti nama menjadi Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT). Siswa akan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang materinya juga berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada tahun 2023 nanti, UTBK SNBT hanya menggunakan Tes Potensi Skolastik (TPS).

-         Jalur Prestasi

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Program Sarjana dan Program Sarjana Terapan Jalur Prestasi (Penelusuran Bibit Unggul) ada beberapa jenis, diantaranya :

-              Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM)

-              Bibit Unggul Kemitraan (PBUK)

-              Bibit Unggul Berprestasi (PBUB)

-              Bibit Unggul SMA/MA/SMK (PBUSMAK) khusus

               Sarjana Terapan Sekolah Vokasi

-         Jalur CBT-UM UGM

Jalur seleksi ini menggunakan kombinasi nilai atau skor CBT-UM UGM yang diselenggarakan oleh UGM dan nilai/skor UTBK-SNBT.  Jalur seleksi ini memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/SMK/MA/Paket C atau sederajat untuk mengikuti seleksi dengan memilih 2 (dua) program studi pada Program Sarjana dan/atau Program Sarjana Terapan.

Baca Juga