Loading...
world-news

BERITA KAMPUS

Ingin Mendaftar di UGM tanpa ikut SNPMB? Yuk Kenali 2 Jalur Masuk UGM tanpa SNPMB

UGM adalah salah satu universitas top 3 di Indonesia yang banyak diincar oleh calon-calon mahasiswa baru. Untuk menjadi mahasiswa di UGM, ada beberapa jalur yang bisa calon mahasiswa baru ikuti, seperti seleksi nasional yang diadakan oleh Kemendikbud, yaitu SNPMB, ada pula jalur seleksi lainnya yang langsung diadakan  oleh UGM. Berikut dua jalur masuk UGM yang diadakan oleh UGM sendiri tanpa ikut melalui jalur seleksi nasional:

1. Pengertian

- PBUP: Jalur seleksi yang diperuntukkan bagi siswa pemenang/juara lomba di bidang olahraga, seni, dan IPTEK sesuai Program Studi yang dipilih.

- PBUTM: Jalur seleksi untuk calon peserta dengan kemampuan akademik tinggi dan mempunyai prestasi dalam bidang IPTEK, Olahraga, atau Seni namun terkendala ekonomi.

 

2. Syarat Pendaftaran

- PBUP: Sedang menempuh kelas terakhir SMA/MA/SMK/sederajat yang akan lulus pada tahun ini, lulusan setahun terakhir, umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli), memiliki prestasi akademik baik dan konsisten.

- PBUTM: Sedang menempuh kelas terakhir SMA/MA/SMK/sederajat yang akan lulus pada tahun ini, mempunyai KIP- K, umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli), memiliki prestasi akademik baik dan konsisten.

 

3. Jadwal Seleksi

• PBUP:

- Pendaftaran: 21 Mei-12 Juni 2024 pukul 15.00 WIB

- Tes Keterampilan: 3-4 Juli 2024

- Pengumuman: 9 Juli 2024

• PBUTM

- Pendaftaran: 21 Mei-12 Juni 2024 pukul 15.00 WIB

- Pengumuman: 9 Juli 2024

 

4. Ketentuan Lebih Detail:

- PBUP: Dapat diakses di tautan berikut ini  https://um.ugm.ac.id/penelusuran-bibit-unggul-berprestasi-pbub- 2024/

- PBUTM: Dapat diakses di tautan berikut ini https://um.ugm.ac.id/penelusuran-bibit-unggul-tidak-mampu-pbutm- 2024/

Baca Juga