Loading...
world-news

BERITA KAMPUS

Fakta seputar jurusan sastra dan Bahasa

Hallo pejuang PTN dimanapun kalian berada, mana suaranya nih untuk anak Soshum dan tentunya peminat di jurusan Sastra dan Bahasa. Apa sih kalian ketahui tentang jurusan Sastra dan Bahasa jika kalian belum tau banyak mengenai jurusan ini yuk kalian simak berikut ini seputar Fakta dari jurusan Sastra dan Bahasa.

a.     Dapat memilih 3 peminatan

Jurusan sastra memiliki 3 peminatan: linguistik, ilmu sastra, dan filologi. Linguistik mempelajari ilmu bahasa seperti asal bahasa, tata bahasa, dan perkamusan. Ilmu sastra berfokus pada kajian sastra seperti sejarah sastra dan kritik sastra. Filologi mempelajari naskah-naskah dan konteks budaya di dalamnya.

b.     Belajar mata kuliah eksak

Jurusan sastra termasuk dalam bidang ilmu humaniora, namun demikian, dalam program studi ini kamu juga akan mempelajari beberapa mata kuliah yang berhubungan dengan ilmu eksakta. Contohnya, dalam jurusan sastra Indonesia, terdapat mata kuliah fonetik yang mempelajari produksi bunyi oleh alat ucap manusia.

c.      Banyak praktikum

Jurusan sastra juga memiliki praktikum yang terkait dengan bahasa yang dipelajari dalam jurusan tersebut. Contoh praktikum yang ada dalam jurusan sastra meliputi praktikum jurnalistik, praktikum penyiaran, dan praktikum digitalisasi naskah kuno.

d.     Terdapat mata kuliah lintas jurusan

Jurusan sastra tidak hanya mempelajari mata kuliah terkait sastra, tetapi juga menghadirkan mata kuliah lintas jurusan. Salah satu contohnya adalah mata kuliah psikologi sastra, di mana kamu dapat mempelajari aspek psikologis yang terkait dengan karya sastra.

e.     Prospek kerja yang luas

Jurusan sastra menawarkan berbagai peluang kerja yang luas, memberikan kepastian dalam prospek karier bagi para mahasiswa. Terdapat banyak pekerjaan yang dapat dikejar, seperti jurnalis, penerjemah, atau guru bahasa.

 

Baca Juga