Loading...
world-news

SEPUTAR KULIAH

TIPS MENGATASI BIAYA KULIAH MAHAL

Hay teman-teman semua, terkadang kita sering mengeluh saat memasuki dunia perkuliahan atau yang sudah masuk dikampus PTN impian terkadang masih ada yang mengelu disebabkan oleh faktor biaya kuliah yang cukup mahal. Dan kalian merasa bingung bagaimana harus membayar uang kuliah tersebut kalian harus punya cara atau tips nya nih untuk mengatasi biaya kuliah yang cukup mahal, kira-kira apa aja ya Tipsnya yuk kita simak sama-sama.

-         Mengambil program beasiswa

Carilah informasi mengenai berbagai program beasiswa dan tes seleksinya, kamu bisa mengenyam pendidikan secara gratis. Lembaga yang menawarkan program beasiswa yaitu Perguruan Tinggi, Lembaga Pemerintahan, Kementerian Agama, Yayasan Pendidikan, Lembaga Swasta, Beasiswa non-formal, dll.

-         Mengajukan angsuran dari kampus

Beberapa kampus juga menawarkan fasilitas berupa keringanan angsuran biaya perkuliahan. Contohnya uang gedung, uang pangkal, hingga SKS per semester. Fasilitas tersebut umumnya tersedia tersedia di beberapa kampus swasta yang biaya pendidikannya lebih mahal dibandingkan dengan kampus negeri.

-         Mengikuti jalur SNBP dan SNBT

Jika tidak ingin biaya kuliah mahal, maka kamu bisa mengikuti jalur SNBP atau SNBT. Namun, jalur SNBP hanya bisa diikuti oleh siswa yang eligible. Sementara untuk jalur SBMPTN semua siswa bisa mengikuti jalur ini.

-         Punya backup plan

Jika kampus yang dipilih membutuhkan biaya yang mahal, maka kamu bisa mencari jurusan yang sama di kamous lain dengan biaya yang lebih terjangkau. Selain biayanya terjangkau, kamu juga bisa mencari kampus yang menerapkan sistem pembayaran cicilan pendidikan.

-         Tabungan dan asuransi Pendidikan

Tabungan Pendidikan adalah salah satu produk perbankan yang memiliki ketentuan dalam nominal dana beserta bunganya. Tabungan ini juga cukup terjamin, karena sudah sesuai dengan aturan LPS. Jadi kamu harus menabung dalam jangka waktu panjang.

-         Pilih program cicilan

Saat ini sudah banyak universitas yang menerapkan sistem cicilan biaya perkuliahan. Hal itu bertujuan untuk meringankan biaya kuliah yang mahal per bulannya, kemudian membantu kamu yang memiliki dana terbatas.

Baca Juga