Loading...
world-news

MOTIVASI

BELAJAR SISTEMATIS DENGAN TEKNIK SQ3R

Teknik SQ3R merupakan suatu prosedur belajar yang sangat sistematik dan bersifat praktik, sehingga sangat baik untuk kepentingan membaca secara intensif dan rasional. Dengan menggunakan teknik ini maka dapat membantu dalam mengambil pelajaran atau pengetahuan penting dari sebuah buku non fiksi atau cerita fiksi yang dibaca.

a)      SURVEI

a)Survei dilakukan dengan membaca singkat seluruh organisasi buku. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan kesan umum atau hal menarik dari buku tersebut.

b)      PERTANYAAN

b)Pada tahap ini pembaca akan mengubah judul, topik atau subtopik ke dalam bentuk pertanyaan. Tujuan dari bagian bertanya atau question ini adalah untuk mengetahui setiap detil dari bahan bacaan.

c)      MEMBACA

c)Bagian ini adalah tahap menjawab pertanyaan yang sudah dibuat sebelumnya. Jawaban biasanya merupakan ide utama dari setiap paragraf.

d)      MEMBACA DAN JAWAB PERTANYAAN

Dalam tahap ini, setelah pembaca menyelesaikan membaca dan menjawab pertanyaan maka diminta untuk menulis kembali dengan kalimatnya sendiri .

e)      REVIEW

e)Setelah selesai membaca buku atau cerita secara keseluruhan, maka baca kembali bagian-bagian penting pada teks atau cerita yang telah dibaca.

Baca Juga